Minggu, 25 September 2016

Tips Seputar Terasi Pengolahan Pembuatan Sambal dan Masih Banyak Lagi

Dewasa ini banyak sekali makanan yang telah direkayasa oleh oknum dengan mengganti bahan bakunya dengan bahan-bahan yang membahayakan kesehatan, salah satunya adalah terasi. Oleh karena itu berikut ini saya berikan tips bagaimana memilih terasi yang baik dan aman.

  1. Pada saat membeli, periksa kemasan terasi. Pilih kemasan yang masih utuh, tanpa cacat ataupun robekan untuk menghindari kontaminasi terasi dengan kotoran dan kuman dari luar.
  2. Terasi yang masih baru dan terbuat dari bahan yang masih segar biasanya juga beraroma segar. Hindari memilih terasi yang berbau busuk menyengat dan aroma tak sedap lainnya karena menunjukkan kualitas yang rendah atau kurang bagus.
  3. Terasi memiliki warna asli cokelat kehitaman, sedangkan terasi yang berwarna kemerahan biasanya adalah terasi telah ditambahkan zat pewarna, yang perlu diwaspadai adalah bila zat pewarna itu adalah jenis rhodamin B, yaitu zat pewarna yang sebenarnya tidak diperuntukkan untuk makanan tapi untuk tekstil.
  4. Agar Terasi yang anda simpan tahan lama dan tidak menimbulkan bau yang terlalu tajam, simpan terasi mentah atau yang telah digoreng / dibakar dalam wadah tertutup dan kedap udara.
  5. Kurangi garam saat membuat hidangan yang menggunakan terasi karena dalam pembuatannya terasi sudah menggunakan garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar